Definisi Pelayanan Door to Door & Port to Port

layanan port to port door to door

DTD KARGO – Bagi anda yang sudah sering bermain dalam pengiriman barang baik itu dalam negri maupun luar negri, pasti sudah tidak asing mendengar istilah port to port dan door to door. Kedua pelayanan ini lumrah ada pada sebuah jasa ekspedisi. Mungkin untuk anda yang masih baru dalam dunia cargo, istilah ini masih belum anda pahami benar. Maka dari itu disini DTD KARGO akan menjabarkan definisi dari kedua layanan tersebut. Karena DTD KARGO yang merupakan jasa ekspedisi yang sudah berpengalaman juga memiliki kedua layanan tersebut.  Lalu apakah definisi dari kedua layanan tersebut ?

Pelayanan Door to Door

Jika dilihat dari sudut pandang dunia cargo. Istilah door to door mempunyai arti sebuah layanan dimana barang yang akan di kirimkan dijemput oleh kurir ke lokasi si pengirim menggunakan armada penjemputan. Setelah itu pun barang yang sudah tiba di kota tujuan akan langsung di antarkan kepada si penerima barang. Jadi layanan door to door ini tidak lain adalah layanan yang sangat memanjakan costumer karena costumer tidak perlu repot-repot mengantarkan barangnya sendiri, bahkan pengurusan segala konsumen akan di tangani oleh petugas ekspedisi hingga barang sampai ke tangan penerima. Kekurangan dari pelayanan ini adalah biaya yang dikeluarkan tentu akan lebih tinggi.

Kelebihan Pelayanan Door to Door

  1. Costumer tidak perlu report mengantarkan barangnya ke kantor jasa ekspedisi, apalagi barang tersebut berukuran besar atau bertonase tinggi.
  2. Proses pengiriman akan terasa lebih cepat karena begitu barang sampai ke kota tujuan akan langsung di kirimkan ke tangan konsumen.

Baca Juga : Panduan Memakai Jasa Pengiriman Cargo 

Layanan Port to Port

Layanan port to port adalah kebalikan dari layanan door to door. Jika door to door barang akan dijemput oleh kurir, tetapi port to port costumer sendiri yang mengantarkannya ke kantor ekspedisi. Begitu juga ketika barang tersebut sampai di kota pengiriman, barang kiriman akan dibiarkan tersimpan di gudang pelabuhan atau cargo bandara sampai di ambil sendiri oleh si penerima. Intinya layanan port to port adalah costumer dibiarkan mandiri mengantar dan menjemput barang. Tentunya layanan ini tidak efektif untuk tipe costumer yang tidak mau di repotkan dan memerlukan pelayanan yang cepat. Tetapi walaupun begitu, justru layanan ini yang paling banyak di pakai oleh para pengguna jasa ekspedisi karena biayanya yang jauh lebih murah jika dibandingkan dengan layanan door to door.

Kelebihan dari layanan port to port :

  1. Dapat menekan biaya pengiriman
  2. Costumer jadi lebih mudah memantau barangnya secara seksama pada saat di antar ke kantor ekspedisi.

Demikianlah definisi dari layanan port to port dan dor to door. Setelah membaca artikel ini diharapkan semoga anda bisa lebih bijak memilih layanan jasa pengiriman barang, termasuk dengan DTD KARGO. Tapi anda tidak perlu khawatir soal biaya kedua layanan tersebut. Di DTD KARGO tidak ada kata mahal di kamus kami, karena kami memiliki tarif pengiriman serta tarif lainnya yang di jamin murah. Jangan ragu memilih DTD KARGO sebagai partner pengiriman barang anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published.