Fungsi dan Jenis-Jenis Pallet

Jika anda berkecimpung di dunia logistik dan pergudangan, pasti sudah tidak asing mendengar istilah pallet atau bahkan sering melihatnya. Pallet adalah sebuah struktur yang mendukung pengangkutan barang yang di angkut dengan forklift sehingga pengiriman barang atau penyimpanan barang jadi lebih efektif. Di dunia industri kargo, pallet sangat umum di gunakan begitu juga dengan pergudangan. Tetapi informasi mengenai palet dirasa cukup penting untuk diketahui oleh masyarakat umum. Maka dari itu DTD KARGO akan mengulas lebih lanjut mengenai fungsi dan jenis-jenis palet. Simak artikel ini sampai habis.

Fungsi Pallet

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, Palet adalah benda yang biasanya terbuat dari kayu berbentuk persegi datar dengan rongga-rongga. Fungsi palet dalam dunia cargo adalah untuk alas barang-barang pengiriman yang disimpan di gudang. Barang yang diletakkan di atas palet, akan lebih muda di angkat menggunakan forklift karena terdapat rongga khusus garpu forklift pada bagian bawah palet. Selain untuk efisiensi pengangkutan barang, palet juga berfungsi untuk melindungi barang dari lantai yang basah.

Jenis-Jenis Palet

Seiring berkembangnya teknologi, palet yang dulunya biasa terbuat dari kayu akhirnya diciptakan pula dari bahan lainnya seperti plastik, logam dan kardus. Ada berbagai jenis palet yang biasa dugunakan dalam dunia cargo. Tetapi sebelum kami jabarkan, jenis palet terbagi dalam dua kategori yaitu jenis palet menurut drive direction dan jenis palet bahan materialnya.

Palet Menurut Drive Direction

Pallet 2 Ways

Pallet 2 ways memungkinkan forklift mengambil barang dari 2 arah yaitu depan dan juga belakang.

Pallet 4 ways

Pallet 2 ways memungkinkan forklift mengangkut barang dari 4 sisi yaitu depan, belakang, kiri dan kanan.

Baca Juga : Jasa Pengiriman Mobil Oleh DTD KARGO ke Seluruh Indonesia

Pallet Menurut Bahan Materialnya

Pallet Kayu

Jenis pallet kayu seperti namanya adalah terbuat dari bahan kayu. Jenis kayu yang digunakan juga bukan sembarang kayu tetapi kayu dari pohon pilihan. Indonesia merupakan negara pemakai palet kayu yang terbanyak, karena bahan baku nya sangat banyak di Indonesia. Jadi material untuk pembuatan palet kayu mudah didapatkan.

Pallet Plastik

Pallet plastik merupakan pallet yang terbuat dari bahan plastik. Perbedaan mendasar dari pallet yang terbuat dari plastik dan juga kayu adalah pada bagian atasnya. Pallet kayu pada bagian atasnya dibuat dari kayu yang disusun melintang dan terdapat jarak antar kayu tersebut. Sedangkan pallet plastik di atasnya tertutupi rata. Kelebihan dari palet plastik adalah bahannya yang awet dan tidak gampang rusak.

Baca Juga : Jasa Pengiriman Barang dari Jakarta ke Manado

Pallet Kardus

Tidak hanya terbuat dari kayu dan plastik, terdapat palet yang terbuat dari kertas kardus. Jenis pallet ini cukup kuat untuk menahan beban di atas 100 kilo ke atas. Jenis pallet ini termasuk pallet yang ramah lingkungan karena bisa di daur ulang. Biasanya pallet kardus banyak di gunakan oleh negara Jepang.

Pallet Logam

Jenis pallet ini adalah palet yang paling kuat di bandingkan pallet lainnya. Pallet logam biasanya terbuat dari besi. Pallet besi atau logam juga merupakan palet yang paling mahal di bandingkan yang lain. Walaupun palet ini terbilang paling kuat, tetapi tetap memiliki kelemahan yaitu air, karena jika terkena air gampang berkarat. Kecuali bahannya dari logam yang anti karat.

Demikianlah ulasan mengenai fungsi dan jenis pallet yang biasanya digunakan dalam jasa cargo. Tentu saja DTD KARGO juga mempunyai jenis pallet yang tepat untuk mendukung operasional kami. Sehingga keamanan barang dapat terjamin. Percayakan pengiriman barang anda dengan Saxe Express!

Leave a Reply

Your email address will not be published.